Eka Saputra, I Gede (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Getaran dan Gelombang. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029021012-COVER.pdf Download (228kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029021012-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (82kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029021012-LAMPIRAN.pdf Download (927kB) |
Abstract
Saputra, I Gede Eka (2022), Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Getaran dan Gelombang. Tesis, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Gusti Lanang Agung Parwata, M.Kes. Kata-kata kunci: instrumen penilaian, berpikir kritis, getaran dan gelombang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun instrumen penilaian kemampuan berpikir kritis, menghasilkan instrumen penilaian yang memenuhi validitas dan reliabilitas, mengetahui hasil pengujian daya beda dan tingkat kesukaran, dan mengetahui hasil pengujian kualitas instrumen penilaian menggunakan Graded Response Model. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Tegallalang. Penelitian ini termasuk dalam Research and Development dengan desain 4D (define, design, develop, dan disseminate). Prosedur uji coba pengembangan instrumen penilaian meliputi uji validitas isi menggunakan indeks Content Validity Ratio (CVR), konsistensi internal butir menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach, uji daya beda butir menggunakan formula Ferguson, uji taraf kesukaran butir tes, dan analisis kulitas butir tes menggunakan pendekatan Graded Response Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai CVR pada tiap soal adalah 1,00. (2) Indeks korelasi setiap butir soal lebih besar daripada r tabel sebesar 0,254 dan reliabilitas tes diperoleh sebesar 0,941. (3) Seluruh butir soal memiliki daya pembeda yang berkriteria sangat baik dan tingkat kesukaran pada kriteria sedang maupun sukar. (4) hasil probabilitas siswa menjawab benar menggunakan GRM meningkat dari kemampuan siswa paling rendah sampai paling tinggi pada masing-masing kategori butir soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, berpikir kritis, getaran dan gelombang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Gede Eka Saputra |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:35 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11442 |
Actions (login required)
View Item |