Kartika Pradnyaniti Nila Iswari, Ida Ayu (2022) SISTEM KEPEMIMPINAN DESA ADAT TENGANAN PEGRINGSINGAN, MANGGIS, KARANGASEM DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814091029_COVER.pdf Download (562kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814091029_ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1814091029_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (141kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1814091029_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1814091029_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PENELITIAN)
1814091029_BAB IV HASIL DAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1814091029_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814091029_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814091029_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
SISTEM KEPEMIMPINAN DESA ADAT TENGANAN PEGRINGSINGAN, MANGGIS, KARANGASEM DAN POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SOSIOLOGI DI SMA Ida Ayu Kartika Pradnyaniti Nila Iswari1, I Made Pageh2, I Wayan Putra Yasa3 Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia e-mail: daiiyoukartika3@gmail.com , made.pageh@undiksha.ac.id, putrayasa@undiksha.ac.id ABSTRAK Tujuan penelitian ini ialah (1) mengatahui alasan masyarakat Desa Adat Tenganan Pegringsingan masih mempertahankan Sistem Kepemimpinan Ulu-Apad, (2) makna yang terdapat pada Sistem Kepemimpinan Ulu-Apad di Desa Adat Tenganan Pegringsingan, (3) aspek-aspek yang terdapat pada Sistem Kepemimpinan Ulu-Apad Desa Adat Tenganan Pegringsingan yang berpotensi sebagai sumber belajar pada materi pembelajaran Sosiologi di SMA. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yang menghasilkan data berupa kata-kata yang bersifat deskriptif atau mendeskripsikan hasil temuan dari penelitian yang dilakukan.dengan metode pengumpulan data melalui purposive sampling, observasi lapangan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Teori yang digunakan yaitu Teori Kepemimpinan dan Sumber Belajar. Untuk pengembangan validasi data yang didapatkan peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu dengan menggabungkan berbagai Teknik pengumpulan data dan sumber yang telah ada. Hasil dari penelitian ini (1) keberadaan sistem kepemimpinan Ulu-Apad didasarkan atas keyakinan dan kepercayaan masyarakat untuk tetap teguh mempertahankan tradisi dan budaya dari leluhurnya dan masyarakat mempertahankan Kepemimpinan Tradisional ini dikarenakan bagian-bagian dari struktur kepemimpinan tersebut saling berkaitan satu sama lain, (2) makna dari Sistem Kepemimpinan Ulu-Apad Desa Adat Tenganan ini adalah sebuah Tanggungjawab dan Kewajiban yang harus dijalankan oleh masyarakat Desa Adat Tenganan Pegringsingan untuk dapat melestarikan warisan dari leluhurnya dengan menjadi seorang pemimpin di desanya, (3) sistem kepemimpinan Desa Adat Tenganan Pegringsingan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar pada mata pelajaran Sosiologi di SMA pada materi Stratifikasi Sosial dengan mengaitkannya pada Taksonomi Bloom yang menekankan pada (a) aspek kognitif, (b) aspek efektif, (3) aspek psikomotorik. Kata kunci: Desa Adat Tenganan Pengringsingan, Pendidikan Sosiologi, SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desa Adat Tenganan Pengringsingan, Pendidikan Sosiologi, SMA |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Kartika Pradnyaniti Nila Iswari |
Date Deposited: | 17 Jul 2022 09:51 |
Last Modified: | 17 Jul 2022 09:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11472 |
Actions (login required)
View Item |