Aliah, Janatul (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MUATAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031201-COVER.pdf Download (545kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031201-ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031201-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif menjadi hambatan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang baik untuk di terapkan di SD yang sesuai dengan karakteristik siswa. Hal tersebut dapat menimbulkan kebosanan yang mengakibatkan keaktifan siswa berkurang saat pembelajaran berlangsung, sehingga diperlukan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi yang dapat diberikan peneliti yaitu penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pop-Up Book Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar”. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Pengujian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, sedangkan penilaian produk dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian ini memperoleh hasil dari segi ahli materi secara keseluruhan sebesar 94,5% dengan kategori sangat baik, dari segi ahli media secara keseluruhan sebesar 94% dengan kategori sangat baik, hasil uji respon praktisi secara keseluruhan sebesar 96% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji respon siswa secara keseluruhan sebesar 95,4% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book pada materi keberagaman budaya bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pop-Up Book, Keragaman Budaya Bangsaku. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Janatul Aliah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 02:17 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 02:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11641 |
Actions (login required)
View Item |