Adnyana Yasa, I Komang (2022) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Materi Permainan Bola Voli Di Kelas IX SMP Negeri 2 Kubutambahan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051077 - COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051077 - ABSTRAK.pdf Download (565kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815051077 - BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1815051077 - BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1815051077 - BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051077 - BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1815051077 - BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051077 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051077 - LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peranan atau kontribusi penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada suatu negara. Berdasarkan peranan tersebut perlu adanya penelitian yang pengembangan konten pembelajaran interaktif yang akan digunakan pada materi permainan bola voli untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia pada materi permainan bola voli di kelas IXA SMP Negeri 2 Kubutambahan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi permainan bola voli. Dengan tahapan yang akan dilaksanakan yaitu pengembangan, implementasi dan mengetahui respon guru serta peserta didik terhadap konten pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang akan diterapkan dalam implementasi konten pembelajaran adalah metode blended learning. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Tempat penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kubutambahan kelas IXA yang berjumlah tiga puluh dua orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen validasi yang meliputi angket individu, kelompok kecil, dan uji lapangan serta angket respon guru dan siswa. Hasil uji validitas ahli isi serta ahli desain dan media diperoleh skor yang termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Untuk hasil uji efektivitas menggunakan rumus N-Gain, nilai tersebut termasuk dalam kriteria “Efektif”. Hasil respon guru dan siswa mendapat respon positif disertai skor dari respon guru dan peserta didik, respon yang masuk kriteria “Sangat Praktis”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konten pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu validitas, efektivitas dan kepraktisan memenuhi kriteria kualitas produk yaitu validitas, efektivitas dan kepraktisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Permainan Bola Voli, Blended Learning, Konten Pembelajaran Interaktif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Komang Adnyana Yasa |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 13:15 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 13:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11685 |
Actions (login required)
View Item |