Iqbal, Anshori (2022) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VII MTs ABUL ‘ABBAS NW. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051041-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051041-ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1815051041-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815051041-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051041-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Pesatnya perkembangan teknologi sangatlah berpengaruh di dunia pendidikan dalam pembelajaran saat ini. Salah satunya adalah konten pembelajaran interaktif, konten pembelajaran yang mampu membantu guru menciptakan interaksi dalam menyampaikan materi serta dapat membantu siswa memahami setiap isi materi mata pelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran intraktif mata pelajaran bahasa arab yaitu menghasilkan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning mata pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menguanakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dan tahap pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Abul 'abbas NW yang berjumlah 20 orang. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning mata pelajaran Bahasa Arab untuk materi Ta’aruf dinyatakan valid, efektiv, praktis, dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal tersebut berdasarkan: (1) Penilaian ahli isi pembelajaran dan ahli desain dan media memperoleh nilai sebesar 1,00 yang termasuk dalam tingkat validitas “Sangat Tinggi”. (2) Penilaian hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh rata-rata sebesar 63,7 dan 41 sehingga tergolong kriteria “Sangat Praktis”. (3) Angket uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperolah hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,76 yang termasuk dalam interpertasi “Tinggi”. Kata kunci: Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Bahasa AraB
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Bahasa Arab |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Anshori Iqbal |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 00:38 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 00:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11688 |
Actions (login required)
View Item |