TAMANI, NI KADEK JUNI (2022) STUDI KOMPARATIF SISWA YANG AKTIF DAN SISWA YANG TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS) DITINJAU DARI KETERAMPILAN SOSIAL SISWA SMA NEGERI 1 KUBU. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1817011083-COVER.pdf Download (477kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1817011083-ABSTRAK.pdf Download (155kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1817011083-BAB I PENDAULUAN.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1817011083-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
1817011083-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1817011083-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1817011083-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1817011083-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1817011083-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi dan membandingkan keterampilan sosial antara siswa aktif dan tidak aktif dalam OSIS di SMAN 1 Kubu. Penelitian ini adalah penelitian komparasi menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu mengumpulkan data berupa angka-angka yang dianalisis dengan statistik kemudian dibandingkan untuk ditarik kesimpulan. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa SMAN 1 Kubu kelas X dan XI dengan jumlah sampel 64 orang, terdiri dari 32 siswa aktif serta 32 siswa tidak aktif di OSIS. Sampel ini diperoleh menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan angket dan dokumen untuk mengumpulkan data kemudian dianalisis dengan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang aktif dalam OSIS memiliki keterampilan sosial sangat baik sebanyak 22 orang (68,8%), baik 7 orang (21,9%) dan cukup baik 3 orang (9,4%). Sementara siswa yang tidak aktif dalam OSIS adalah 1 orang (3,1%) dalam kategori sangat baik, 20 orang (62,5%) dengan kategori baik, 9 orang (28,1%) dengan kategori cukup baik dan 2 orang (6,3%) dalam kategori kurang. Dari hasil tersebut ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan keterampilan sosial siswa aktif OSIS dan siswa tidak aktif OSIS di SMAN 1 Kubu, dinyatakan dengan nilai t hitung yaitu 8,373 lebih besar dari t tabel = 1,999 atau nilai signifikansi 0,000 kurang dari α yaitu 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Sosial, OSIS, Siswa Aktif, Siswa Tidak Aktif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Juni Tamani |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:07 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11716 |
Actions (login required)
View Item |