Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Sasak Pada Materi Segi Empat dan Segitiga

Alvan, Evin (2022) Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Sasak Pada Materi Segi Empat dan Segitiga. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011045-COVER.pdf

Download (954kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011045-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011045-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pengembangan e-modul berbasis budaya sebagai sumber belajar perlu dilakukan agar siswa menyadari relevansi matematika dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggambarkan karakteristik e-modul matematika berbasis etnomatematika sasak pada materi segi empat dan segitiga kelas VII SMP/MTs, (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul matematika berbasis etnomatematika Sasak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu: Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dibatasi pada tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik e-modul yang telah dikembangkan memenuhi karakteristik self instruction, self contained, stand alone, adaptif, dan user friendly serta memiliki ciri khas penyajian materi dalam e-modul yang dikaitkan dengan budaya Sasak. (2) e-modul matematika berbasis etnomatematika Sasak valid berdasarkan rata-rata skor penilaian dari validator ahli yaitu 90,4 % serta praktis dengan rata-rata skor dari hasil angket respon guru dan siswa yaitu 94,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Sasak, E-Modul, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Evin Alvan
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:00
Last Modified: 20 Jul 2022 02:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11744

Actions (login required)

View Item View Item