Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Mendukung Implementasi Model Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Surita, I Wayan (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Mendukung Implementasi Model Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2023071006_COVER .pdf

Download (676kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2023071006_ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071006_ BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (96kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071006_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071006_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071006_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071006_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071006_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2023071006_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD untuk mendukung implementasi model PBL bermuatan kearifan lokal yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick dan Carey, meliputi 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluate). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan, dan tes uraian kemampuan pemecahan masalah. Rancangan penelitian untuk uji keefektifan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil uji validitas menunjukkan LKPD yang dihasilkan tergolong sangat valid ditinjau dari validitas isi, kegrafikaan, dan bahasa. Berdasarkan penilaian guru dan siswa, LKPD tersebut tergolong sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan LKPD tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan demikian, LKPD yang dihasilkan memiliki karakteristik sesuai dengan model PBL bermuatan kearifan lokal, serta tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKPD, model PBL, kearifan lokal, kemampuan pemecahan masalah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Wayan Surita
Date Deposited: 21 Jul 2022 23:14
Last Modified: 21 Jul 2022 23:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11779

Actions (login required)

View Item View Item