Surita, I Wayan (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Mendukung Implementasi Model Problem Based Learning Bermuatan Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
2023071006_COVER .pdf Download (676kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023071006_ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071006_ BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (96kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071006_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071006_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071006_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071006_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071006_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023071006_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD untuk mendukung implementasi model PBL bermuatan kearifan lokal yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick dan Carey, meliputi 1) analisis (analyze), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), 4) implementasi (implementation), dan 5) evaluasi (evaluate). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian angket validasi, angket kepraktisan, dan tes uraian kemampuan pemecahan masalah. Rancangan penelitian untuk uji keefektifan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil uji validitas menunjukkan LKPD yang dihasilkan tergolong sangat valid ditinjau dari validitas isi, kegrafikaan, dan bahasa. Berdasarkan penilaian guru dan siswa, LKPD tersebut tergolong sangat praktis. Hasil uji keefektifan menunjukkan LKPD tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan demikian, LKPD yang dihasilkan memiliki karakteristik sesuai dengan model PBL bermuatan kearifan lokal, serta tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, model PBL, kearifan lokal, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | I Wayan Surita |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 23:14 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 23:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11779 |
Actions (login required)
View Item |