Walhidayah, Irfan (2022) Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Usability “Aplikasi Rudaya ~ Connect The Art ” Menggunakan Metode Usability Testing dan USE Questionnaire. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815091002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815091002-ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091002-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (439kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815091002-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815091002-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091002-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091002-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815091002-LAMPIRAN.pdf Download (19MB) |
Abstract
Rudaya~Connect The Art merupakan platform yang menjembatani antara pencari jasa seni dengan seniman tradisional diseluruh Indonesia. Hingga saat ini aplikasi Rudaya sudah diunduh oleh 150 pengguna yang terdiri dari berbagai kalangan seperti pelajar, orang tua, karyawan, serta seniman dari berbagai daerah, gender, usia. Meningkatnya jumlah user aplikasi Rudaya dengan karakteristik pengguna yang bervariasi, menimbulkan permasalahan baru terkait usability atau kenyamanan pengguna. Berdasarkan permasalahan terkait usability, dilakukan pengukuran usability aplikasi Rudaya menggunakan metode usability testing dengan melakukan evaluasi secara langsung pada sampel pengguna sejumlah 10 responden. Pengujian dilakukan melalui tiga tahapan, tahap pertama tes task scenario, tahap kedua mengisi kuesioner dan ketiga wawancara. Pengujian juga menggunakan USE Questionnaire (Usefulness, Ease of Use, Ease of Learning, Satisfaction). Selanjutnya tahap akhir dilakukan analisis perbaikan dengan menggunakan teori 8 golden rules dan 10 prinsip user interface aplikasi mobile, sehingga dihasilkan rekomendasi perbaikan yang berupa prototype tampilan aplikasi Rudaya yang nantinya dapat digunakan sebagai kajian pengembangan atau pembaharuan versi berikutnya. Adapun hasil pengujian usability pada success rate seniman mendapatkan nilai pengujian awal 71,6%, Success rate pencari jasa seni 64%, Sedangkan success rate seniman pengujian akhir 93,3% dan success rate pencari jasa seni 90%. Kemudian untuk hasil time of working seniman dan pencari jasa seni rata-rata mengalami peningkatan pengerjaan waktu yang lebih cepat dan lebih efisien. Selanjutnya hasil pengujian usability berdasarkan USE Questionnaire yang dilakukan di awal diperoleh hasil 57,5%, terjadi perubahan yang signifikan pada pengujian kedua setelah diberikan perbaikan tampilan aplikasi Rudaya diperoleh nilai usability berdasarkan USE Questionnaire sebesar 89,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usability, Usability Testing, USE Questionnaire, Aplikasi Rudaya ~ Connect The Art |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Irfan Walhidayah |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 05:45 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 05:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11853 |
Actions (login required)
View Item |