PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PATIENT SAFETY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN

Gunahariati, Ni Nyoman (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PATIENT SAFETY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1839011010-Cover.pdf

Download (843kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1839011010-Abstrak.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1839011010-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1839011010-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1839011010-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1839011010-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1839011010-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1839011010-Daftar Pustaka.pdf

Download (495kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1839011010-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pendidikan sebagai salah satu sarana yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan, sangat penting dalam proses pembelajaran. Ketersediaan media pembelajaran modul patient safety yang sesuai dengan kondisi praktik lapangan dan digunakan oleh mahasiswa sebagai pedoman pembelajaran mata kuliah patient safety, saat ini belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran patient safety berbasis problem-based learning (PBL), dengan cara: (1) mewujudkan rancang bangun modul pembelajaran, (2) mendeskripsikan karakteristik modul, (3) menguji validitas modul, dan (4) membuktikan bahwa implementasi modul dapat meningkatkan kemampuan implementasi patient safety, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan berupa Research and Development (R&D) dalam mewujudkan rancang bangun, mendeskripsikan karakteristik, dan menguji validitas modul. Uji kevalidan modul dievaluasi oleh 3 (tiga) orang ahli media dan 3 (tiga) orang ahli isi. Uji lapangan dilaksanakan di STIKES Wira Medika dengan melibatkan 3 (tiga) orang mahasiswa secara one to one learner dan 9 (sembilan) kelompok kecil. Pembuktian keefektivan modul dilakukan melalui penelitian eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan randomized non equivalent pretest and posttest control group design. Sampel yang dilibatkan dipilih dengan teknik simple random sampling dan terpilih 2 (dua) kelas sebagai subjek penelitian. Kedua kelas tersebut dirandom untuk menentukan 1 (satu) kelas sebagai kelompok eksperimen (n=54 orang) dan 1 (satu) kelas sebagai kelompok kontrol (n=50 orang). Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa; (1) modul pembelajaran patient safety berbasis PBL yang berhasil dikembangkan terdiri atas kulit luar (cover), kulit dalam, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, materi ajar yang terdiri atas 5 (lima) materi pembelajaran, yaitu: (a) standar keselamatan pasien, (b) sasaran keselamatan pasien, (c) langkah keselamatan pasien, (d) pencatatan pelaporan, dan (e) pembinaan pengawasan dan evaluasinya, serta kegiatan belajar terdiri atas: (a) tujuan pembelajaran, (b) lembar kerja mahasiswa, (c) langkah-langkah kegiatan, (d) uraian materi, (e) rangkuman, (f) tes formatif, (g) kunci jawaban test, (h) penutup, dan (i) daftar pustaka yang diimplementasikan pada mata kuliah patient safety, (2) modul inti yang digunakan oleh mahasiswa mempunyai karakteristik berupa: (a) self instructional, (b) self contained, (c) stand alone, (d) adaptif, (e) user friendly, dan (f) consistens, dan (3) hasil uji validitas yang dilakukan oleh ahli media dan ahli desain dinyatakan dalam kategori valid, karena diperoleh nilai r = 0,95 (kategori sangat tinggi). Hasil wawancara dengan mahasiswa secara one to one learner dinyatakan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan mudah dimengerti, efektif dan efisien, dapat dilakukan pembelajaran tepat waktu, dan sangat akomodatif terutama pada masa pandemik. Akan tetapi ada bagian modul yang dinilai cukup sulit diimplementasikan oleh mahasiswa terutama pada bagian memilah insiden berdasarkan tipe dan grading dengan rerata skor hasil uji coba kelompok kecil didapatkan hasil 0,94 (kategori baik). Hasil penelitian eksperimental semu menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan mahasiswa dalam mengimplementasikan patient safety dengan nilai p = 0,0001 (p < 0,05), (2) ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kritis dengan nilai p = 0,0001 (p < 0,05), dan (3) ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar mahasiswa dengan nilai p = 0,0001 (p < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran patient safety berbasis problem based learning yang dikembangkan memiliki validitas yang tinggi dan efektif digunakan dalam pembelajaran patient safety sehingga direkomendasikan untuk diimplementasikan dalam pembelajaran khususnya pada mata kuliah patient safety.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Problem-Based Learning, Patient Safety
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Ni Nyoman Gunahariati
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:24
Last Modified: 20 Jul 2022 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item