PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Pratiwi, Ni Made Satya (2022) PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813041005-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813041005-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813041005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan flipbook berbasis PBL memiliki tujuan umum yaitu menghasilkan flipbook berbasis PBL untuk siswa kelas XI SMA pada materi sistem pertahanan tubuh. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mengetahui rancang bangun, kepraktisan, dan validitas. Model ADDIE dengan lima tahapan yaitu: analysis; design; development; implementation; dan evaluation digunakan pada penelitian ini. Pengembangan flipbook ini menggunakan uji validitas dan uji kepraktisan. Satu orang ahli media dan satu orang ahli materi melakukan uji validitas. 3 orang siswa dipakai untuk uji coba perorangan dan 12 orang siswa dipakai untuk uji coba kelompok kecil, siswa yang berpartisipasi untuk uji kepraktisan adalah kelas XI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pendahuluan secara online, wawancara, penyebaran angket. dengan instrumen seperti angket studi pendahuluan secara online, pedoman wawancara, angket uji validitas dan angket uji kepraktisan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui tingkatan validitas serta kepraktisan flipbook. Penelitian ini membuahkan beberapa hasil, seperti dari rancang bangun flipbook menghasilkan tiga topik dan setiap topiknya memuat tahapan PBL yang terdiri dari lima langkah. Flipbook berisi artikel, dengan kolom identifikasi masalah, kolom rumusan masalah, dan kolom hasil diskusi kelompok yang dapat dikerjakan pada LKPD yang sudah disajikan dalam flipbook. Flipbook juga memuat gambar yang berjumlah sebanyak ± 60 gambar dengan gambar 3D berjumlah sebanyak 5 buah selebihnya adalah gambar 2D, dan 10 video dengan 9 video berdurasi kurang 5 menit, dan 1 video berdurasi kurang dari 8 menit. Flipbook secara khas menyajikan analogi, bio trivia, dan game times. Tingkat validitas flipbook adalah sebesar 91.83% persentase tersebut masuk kedalam kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan flipbook adalah sebesar 93.17% persentase tersebut masuk kedalam kriteria sangat praktis. Mengacu pada hasil penelitian yang didapat, pengembangan flipbook berbasis PBL ini sangat valid dan sangat praktis untuk dipakai sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas XI pada materi sistem pertahanan tubuh di SMA Negeri 3 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pengembangan flipbook, PBL, sistem pertahanan tubuh.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Made Satya Pratiwi
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:19
Last Modified: 21 Jul 2022 01:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item