Dwikasihati, Ni Made Anggreni (2022) Pengembangan E-LKPD Eksploratif Berbasis eXe-Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1913013001-COVER.pdf Download (292kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1913013001-ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913013001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913013001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (600kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913013001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913013001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913013001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913013001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1913013001-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh lembar kerja peserta didik yang eksploratif disajikan dalam bentuk elektronik dengan menggunakan eXe-Learning. LKPD ini berisikan kegiatan eksplorasi dengan menggunakan Geogebra. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu operasi hitung bilangan bulat. Secara umum penelitian ini bermaksud untuk mengembangkan E-LKPD dengan menggunakan kombinasi eXe-Learning dan Geogebra. Penelitian ini dilaksanakan di SD No 1 Selat. Prosedur pengembangan E-LKPD Eksporatif ini menerapkan 3 dari 4 langkah model pengembangan 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan) dan development (pengembangan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan angket. Uji coba terbatas dilakukan pada 15 peserta didik kelas VI di SD No. 1 Selat. Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas E-LKPD yang dikembangkan adalah lembar penilaian oleh ahli untuk menilai kevalidan dan angket respon siswa untuk serta angket respon guru untuk menilai kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian menurut ahli media diperoleh skor sebesar 4,64 dan penilaian ahli materi sebesar 4,84 dari maksimum skor 5, sehingga E-LKPD yang dikembangkan termasuk kriteria sangat valid. Selanjutnya rata-rata skor respon peserta didik diperoleh sebesar 4,60 dan rata-rata skor respon guru diperoleh sebesar 4,54 dari maksimum skor 5, yang berarti bahwa E-LKPD eksploratif berbasis eXe-Learning berbantuan Geogebra pada materi operasi hitung bilangan bulat sekolah dasar memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD Eksploratif, eXe-Learning, Geogebra, Bilangan Bulat |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Made Anggreni Dwikasihati |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:43 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12010 |
Actions (login required)
View Item |