Dewantara, Kadek Andre Karisma (2022) ANALYZING READING RELATED ACTIVITIES IN ENGLISH TEXTBOOK FOR GRADE 9 SMP LABORATORY UNDIKSHA SINGARAJA AND HOW THE TEXTS ARE EXPLOITED IN THE CLASSROOM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021115-COVER.pdf Download (644kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021115-ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021115-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (338kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021115-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021115-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021115-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021115-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021115-LAMPIRAN.pdf Download (626kB) |
Abstract
Keterampilan membaca komperhensif merupakan syarat penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar bahasa Inggris. Untuk mendukung pengembangan keterampilan membaca siswa, peran guru dan bahan ajar sangat penting. Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan kegiatan terkait membaca dalam buku teks bahasa Inggris untuk Kelas 9 dan bagaimana teks-teks tersebut dieksploitasi di dalam kelas oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menganalisis buku teks yang digunakan oleh siswa dan mengamati seorang guru bahasa Inggris yang mengajar kelas sembilan di SMP Lab. Undiksha Singaraja. Data penelitian ini dikumpulkan melalui analisis dokumen, observasi kelas, dan wawancara. Data dianalisis melalui empat proses analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Studi ini menemukan bahwa, ada lima jenis kegiatan terkait membaca pada buku teks yaitu: kegiatan skimming/scanning, aktivitas yang berkaitan dengan item leksikal, aktivitas berkaitan dengan kata penghubung, aktivitas brainstorming, dan bentuk latihan pertanyaan. Selain itu, teks exploitasi yang paling sering dilakukan oleh guru di dalam kelas adalah kegiatan melengkapi berupa mengisi rumpang pada teks, kegiatan berkaitan dengan tata bahasa, dan mengidentifikasi urutan kegiatan pada teks. Penelitian ini memiliki keterbatasan waktu, jumlah subjek dan sumber data sehingga disarankan untuk penelitian lebih lanjut untuk temuan yang lebih dapat dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan terkait membaca, Text Exploitasi, Buku Teks Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Kadek Andre Karisma Dewantara |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:58 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12042 |
Actions (login required)
View Item |