PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN BILANGAN MENGGUNAKAN KONTEKS LOKAL BALI

Antariksa, I Komang Wahyu (2022) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN BILANGAN MENGGUNAKAN KONTEKS LOKAL BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513011058-COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513011058-ABSTRAK.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (179kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011058-BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513011058-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

PISA merupakan suatu program survei skala internasional yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana siswa dapat menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari di sekolah. Selanjutnya dengan penggunaan konteks lokal dapat membantu siswa memahami fenomena matematika dari perspektif pengalaman hidup mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kualitas soal matematika model PISA pada konten bilangan dengan konteks lokal Bali. Metoded=Model pengembangan yang digunakan adalah formative research yang terdiri dari tahap pendahuluan (preliminary), tahap evaluasi diri (self evaluation), tahap pembuatan prototipe (prototyping), dan tahap uji coba lapangan (field test). Instrumen tes yang dikembangkan terdiri dari 6 butir soal uraian yang memiliki level berbeda, menggunakan konten bilangan dengan konteks lokal Bali. Analisis menggunakan analisis deskriptif dan non dikotomi dari segi isi, penyajian, dan bahasa berdasarkan penilaian dari validator ahli. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa tes valid dengan kategori sangat baik pada setiap butir soal. Tes selanjutnya diuji coba lapangan (field test) pada 60 siswa berumur 15 sampai 16 tahun di Singaraja, yang menunjukan bahwa: (1) konsistensi internal untuk soal ini menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dengan koefisien korelasi berkisar antara 0,514 hingga 0,810 yang berarti keseluruhan butir tes adalah valid, (2) koefisien reliabilitas tes adalah 0,648 termasuk kategori sangat tinggi, (3) indeks daya beda adalah 0,863 dengan kriteria sangat baik, dan (4) taraf kesukaran butir tes yang diperoleh adalah tergolong sedang sebanyak 5 soal dan tergolong sukar sebanyak 1 soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PISA, konten bilangan, konteks lokal Bali, formative research
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: I Komang Wahyu Antariksa
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:43
Last Modified: 22 Jul 2022 01:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12081

Actions (login required)

View Item View Item