Putra, I Komang Adi (2022) Kontribusi Kecemasan Matematis dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011004-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011004-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011004-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ketika siswa mengikuti pembelajaran matematika terkadang ada beberapa hambatan yang dialami siswa, seperti kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik. Penelitian dengan jenis ex post facto ini bertujuan mengetahui kontribusi kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Abiansemal. Populasi penelitian ini berjumlah 1452 siswa yang tersebar di lima SMP Negeri yang ada di Kecamatan Abiansemal. Jumlah sampel penelitian ini adalah 218 siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik, serta tes kemampuan literasi matematika. Instrumen angket dan tes yang digunakan tersebut sudah melalui uji pakar dan uji empiris dengan reliabilitas sebesar 0,921 untuk angket kecemasan matematis, 0,894 untuk angket prokrastinasi akademik, dan 0,742 untuk tes kemampuan literasi matematika. Penganalisian data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui kontribusi kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematika siswa. Sebelum dilakukan uji analisis regresi linier berganda, data harus memenuhi uji asumsi klasik. Data juga dideskripsikan dengan statistik deskriptif meliputi ukuran pemusatan data dan distribusi frekuensi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi kecemasan matematis dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Abiansemal sebesar 45,1%, sedangkan sisanya sebesar 54,9% merupakan kontribusi variabel-variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Jadi, dapat diketahui bahwa siswa yang tidak cemas terhadap matematika dan memiliki prokrastinasi akademik yang rendah, pasti memiliki kemampuan literasi matematika yang optimal. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan proses pembelajaran matematika di kelas dapat dilakukan lebih bervariatif, sehingga siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dengan suasana yang kondusif dan mampu mengoptimalkan kemampuan literasi matematika siswa. Kata kunci: Kecemasan matematis, prokrastinasi akademik, kemampuan literasi matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan matematis, prokrastinasi akademik, kemampuan literasi matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Komang Adi Putra |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:30 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12091 |
Actions (login required)
View Item |