Praditya, Dewa Kadek Andika (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH SHAKAI GENGOGAKU TOPIK II: MULTILINGUALISME DI JEPANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712061013-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712061013-ABSTRAK.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1712061013-BAB I Pendahuluan.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1712061013-BAB II Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
1712061013-BAB III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712061013-BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1712061013-BAB V Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
1712061013-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712061013-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran yang sesuai dengan materi topik II Multilingulaisme di Jepang pada modul mata kuliah shakai gengogaku. Jenis video adalah instructor-led video. Video pembelajaran yang dikembangkan bertujuan untuk membantu pembelajar mengenal secara garis besar materi pada modul mata kuliah shakai gengogaku sebelum mempelajari modulnya secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) oleh Luther yang dimodifikasi Sutopo (2003) dalam pengembangannya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur dan penggunaan kuesioner. Wawancara semi terstruktur dilakukan dengan dosen pengampu mata kuliah shakai gengogaku untuk memperkuat urgensi penelitian. Penggunaan kuesioner digunakan untuk memperoleh hasil uji kelayakan video. Uji kelayakan video dilakukan dengan uji alpha dan beta. Uji alpha melibatkan dua orang dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha sebagai ahli media dan materi. Uji beta melibatkan 6 orang mahasiswa semester 7 yang mengambil mata kuliah shakai gengogaku. Hasil dari penelitian ini adalah (1) 2 buah media video pembelajaran topik II: Multilingualisme di Jepang pada mata kuliah shakai gengogaku. (2) Video pembelajaran ini melalui 3 tahap uji kelayakan. Berdasarkan hasil uji ahli media, video pembelajaran ini mendapat skor 58 dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji ahli materi, video pembelajaran ini mendapat skor 54,5 dengan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji kelompok kecil, video pembelajaran ini mendapat skor 65,7 dengan kriteria “Sangat Baik”. Ketiga uji kelayakan menghasilkan kriteria “Sangat Baik” yang berarti media pembelajaran ini sangat layak digunakan pada mata kuliah shakai gengogaku di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, video pembelajaran, shakai gengogaku, MDLC Multilingualisme |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Dewa Kadek Andika Praditya |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 02:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 02:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12114 |
Actions (login required)
View Item |