Anggreni, Agung Ari Sarasmita (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN EDPUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PENEBEL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011044-COVER.pdf Download (514kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011044-ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011044-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom berbantuan video interaktif menggunakan edpuzzle terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Penebel. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu posttest only control group designdan penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Penebel Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 242 orang siswa. Penelitian menggunakan dua kelas sebagai kelas sampel dimana kelas yang terpilih adalah kelas VIII B sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom berbantuan video interaktif menggunakan edpuzzle.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal berbentuk uraian pemahaman konsep sebanyak 11 butir soal. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji T-test dengan taraf sigifikansi . Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai dari dan sehingga . Melalui hasil uji tersebut diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dimana pemahaman konsep matematika siswa pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol, hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran flipped classroom berbantuan video interaktif menggunakan edpuzzlepada kelompok eksperimen yang membantu siswa belajar secara mandiri dirumah atau diluar kelas dan ditunjukkan dengan skor rata-rata hasil pengamatan video interaktif yaitu 74,34 dengan persetase siswa yang menyimak video interaktif sebesar 93,75% sedangkan pada kelompok kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional sehingga kesimpulannya yaituPemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom berbantuan video interaktif menggunakan edpuzzle lebih baik daripada pemahaman konsep matematika yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipped Classroom, Edpuzzle, Pemahaman konsep Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Agung Ari Sarasmita Anggreni |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:43 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12122 |
Actions (login required)
View Item |