Noprianti, Ni Kadek (2022) AN ANALYSIS OF METACOGNITIVE STRATEGY (PQRST) AND READING COMPREHENSION IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021044-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021044-ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021044-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah penerapan strategi metakognitif dalam pemahaman membaca siswa yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Kubu tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan strategi metakognitif dalam pemahaman membaca di SMP Negeri 2 Kubu? 2) Bagaimana pemahaman membaca siswa yang diimplementasikan melalui strategi metakognitif di SMPN 2 Kubu? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan metakognitif dengan menggunakan jenis teks representatif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kubu dengan subjek penelitian 32 siswa kelas VII tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dalam 3 sesi dengan masing-masing dua jam pertemuan. Peneliti menggunakan dua metode, yaitu kuantitatif (pemahaman membaca siswa dilaksanakan melalui strategi metakognitif) dan data kualitatif (langkah-langkah penerapan strategi metakognitif dalam pemahaman bacaan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pengajaran metakognitif (PQRST) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif, yaitu: 1) menemukan ide pokok 2) menemukan informasi spesifik yang terkandung dalam teks, 3) mampu menemukan kata ganti yang tepat dalam teks (4) siswa mampu memahami arti kata dalam teks. Strategi ini dapat memperbaiki situasi kelas, dalam hal (a) meningkatkan partisipasi siswa; (b) menciptakan suasana mengajar yang lebih menarik (c) meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi metakognitif mampu membantu siswa meningkatkan pemahaman bacaannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca, strategi metakognitif, teks deskripsi, sekolah menengah pertama |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Noprianti |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 04:13 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 04:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12141 |
Actions (login required)
View Item |