Caturini, Ketut Dian (2022) PENGARUH KEMAMPUAN PENGAJUAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011007-COVER.pdf Download (525kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011007-ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011007-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan pengaruh kemampuan pengajuan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan rancangan penelitian model persamaan structural equation model (SEM). Populasi penelitian ini ialah siswa SMA di Kecamatan Seririt. Sampel sebesar 156 siswa ditentukan dengan formula Isaac-Michael dan dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Data kemampuan pengajuan masalah dikumpulkan dengan observasi, sementara data kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan lembar tes uraian. Data dianalisis dengan structural equation model (SEM) dan sebelumnya dilaksanakan uji prasyarat yakni uji normalitas univariat, uji normalitas multivariat dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasanya kemampuan pengajuan masalah mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 1,05. Selain itu, kemampuan pengajuan masalah memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar -0,07 tetapi memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan melalui kemampuan berpikir kritis sebesar 1,01. Maka dapat ditarik simpulan bahwasanya terdapat pengaruh kemampuan pengajuan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada siswa. Sehingga dengan adanya pengaruh kemampuan pengajuan masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif diharapkan proses pembelajaran di kelas lebih memperhatikan kembali kemampuan pengajuan masalah yang dimiliki oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : kemampuan pengajuan masalah, kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ketut Dian Caturini |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12148 |
Actions (login required)
View Item |