Santika, Gabriella Komang Prila (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BERBASIS ANDROID PADA TOPIK BAHAN ISOLATOR DAN KONDUKTOR KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031200-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ASBTRAK)
1811031200-ABSTRAK.pdf Download (535kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031200-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (749kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031200-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031200-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031200-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031200-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031200-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031200-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan yaitu untuk menghasilkan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor kelas V sekolah dasar yang telah teruji validitas dan kepraktisannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), (5) Evaluation (evaluasi). Namun, penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor kelas V sekolah dasar. Sedangkan, objek penelitian adalah validitas dan kepraktisan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk mengukur validitas dan kepraktisan bahan ajar digital ini yaitu rating scale. Validitas bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor kelas V sekolah dasar ini dinilai oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Sedangkan kepraktisan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor kelas V sekolah dasar ini dinilai oleh dua orang guru kelas V dan sepuluh orang siswa. Hasil penelitian menyatakan bahan ajar digital berkearifan lokal berbasis android pada topik bahan isolator dan konduktor yang telah dikembangkan memperoleh skor validitas dari ahli materi sebesar 95% dan skor dari ahli media sebesar 97%, sedangkan skor kepraktisan dari guru sebesar 90% dan skor kepraktisan dari siswa sebesar 94% sehingga dinyatakan valid dan praktis dengan kualifikasi sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Digital, Kearifan Lokal, Bahan Isolator Dan Konduktor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gabriella Komang Prila Santika |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 01:45 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 01:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12150 |
Actions (login required)
View Item |