Maulida, Sabrina Intan (2022) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGANDAN DAUR ULANG LIMBAH UNTUK SISWA DI MAN KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041046-COVER.pdf Download (808kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041046-ABSTRAK.pdf Download (266kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041046-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041046-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041046-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041046-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041046-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041046-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041046-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain, validitas, dan kepraktisan ebook berbasis problem based learning sebagai bahan ajar materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah kelas X di MAN Karangasem. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Setelah e-book dikembangkan kemudian dilakukan penilaian dengan uji validitas oleh ahli materi dan ahli media dan uji kepraktisan dengan mengujikan pada 3 orang siswa kelas X IPA 3 dalam uji perseorangan, dan 9 orang siswa kelas X IPA 3 dalam uji kelompok kecil. Lokasi uji coba ini bertempat di MAN Karangasem. Data yang didapatkan akan dilakukan analisis secara deskriptif untuk mengetahui validitas dan kepraktisan e-book berbasis PBL. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) E-book berbasis PBL di desain dengan menarik dimana isi materi nya disesuaikan dengan sintak-sintak PBL, terdiri dari 3 sub bab, pada masing-masing sub bab terdapat beberapa fitur yang bersifat interaktif dan sesuai dengan sintak PBL seperti Bio-Earth News, Bio Let’s Thinking, Bio MiniLab&Activyty, Bio Anava, Bio Best Info dan Bio Funzone, (2) validitas e-book berbasis PBL sebanyak 91,9% termasuk dalam kriteria sangat valid, dan (3) kepraktisan e-book berbasis PBL sebanyak 90,5% termasuk dalam kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa e-book berbasis PBL yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis sebagai bahan ajar pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah kelas X di MAN Karangasem. Kata Kunci : pengembangan, e-book, problem based learning, materi prubahan lingkungan dan daur ulang limbah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, e-book, materi prubahan lingkungan dan daur ulang limbah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Sabrina Intan Maulida |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 07:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12155 |
Actions (login required)
View Item |