The Implementation of 3-2-1 Strategy in Teaching Reading Through Online Learning in The Junior High School

Dewi, Putu Melia (2022) The Implementation of 3-2-1 Strategy in Teaching Reading Through Online Learning in The Junior High School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021063-COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021063-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021063-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021063-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021063-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021063-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari penerapan strategi 3-2-1 dalam pengajaran membaca melalui pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu pada tahun ajaran 2021/2022. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIII C diperlakukan sebagai kelompok eksperimen yang diajar membaca melalui pembelajaran daring dengan menggunakan strategi 3-2-1, sedangkan kelas VIII A diperlakukan sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Data pre-test dan post-test yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferential dengan menggunakan SPSS 23.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih baik daripada siswa pada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen (81.29) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol (69.81) pada hasil post-test. Selain itu, hasil analisis independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari pre-test adalah 0.535 (> α = 0.05) dan nilai signifikansi dari post-test adalah 0.000 (< α = 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi 3-2-1 memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring. kemampuan membaca. strategi 3-2-1.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Melia Dewi
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:22
Last Modified: 21 Jul 2022 06:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12187

Actions (login required)

View Item View Item