Dewi, Putu Melia (2022) The Implementation of 3-2-1 Strategy in Teaching Reading Through Online Learning in The Junior High School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812021063-COVER.pdf Download (754kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812021063-ABSTRAK.pdf Download (213kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021063-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (561kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812021063-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari penerapan strategi 3-2-1 dalam pengajaran membaca melalui pembelajaran daring terhadap kemampuan membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu pada tahun ajaran 2021/2022. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian melalui teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIII C diperlakukan sebagai kelompok eksperimen yang diajar membaca melalui pembelajaran daring dengan menggunakan strategi 3-2-1, sedangkan kelas VIII A diperlakukan sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Data pre-test dan post-test yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferential dengan menggunakan SPSS 23.0. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih baik daripada siswa pada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari kelompok eksperimen (81.29) lebih tinggi dari nilai rata-rata kelompok kontrol (69.81) pada hasil post-test. Selain itu, hasil analisis independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari pre-test adalah 0.535 (> α = 0.05) dan nilai signifikansi dari post-test adalah 0.000 (< α = 0.05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi 3-2-1 memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas delapan SMP Negeri 4 Busungbiu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran daring. kemampuan membaca. strategi 3-2-1. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Melia Dewi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12187 |
Actions (login required)
View Item |