Wardiani, Ni Wayan Astri (2022) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN LITERASI TEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 NUSA PENIDA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011008-COVER.pdf Download (744kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011008-ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011008-DAFTAR PUSTAKAdocx.pdf Download (436kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011008-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan literasi teknologi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex-post facto dengan rancangan penelitian model persamaan Structural Equation Model (SEM). Populasi penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII dan VIII sebanyak 274 siswa. Sampel penelitiannya sebanyak 118 siswa yang diambil menggunakan formula Isaac-michael dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis berupa tes dan instrumen yang digunakan untuk mengukur literasi teknologi berupa kuesioner. Data dianalisis menggunakan software SmartPLS dan sebelumnya dilakukan uji coba prasyarat yaitu uji normalitas univariat, uji normalitas multivariat, dan uji linieritas. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan komunikasi matematis memiliki pengaruh langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,723. Literasi teknologi memiliki pengaruh langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,087. Dengan adanya hasil penelitian ini, diharapkan kegiatan pembelajaran lebih memperhatikan pemecahan masalah serta memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemecahan masalah seperti kemampuan komunikasi matematis dan literasi teknologi sehingga harapannya siswa dapat melakukan kegiatan pemecahan masalah dengan optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis, Literasi Teknologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Astri Wardiani |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:49 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12197 |
Actions (login required)
View Item |