Kusuma, Ratna (2022) THE USE OF GOOGLE CLASSROOM FOR TEACHING WRITING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1929081019-COVER .pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1929081019-ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (246kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1929081019-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1929081019-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081019-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1929081019-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1929081019-LAMPIRAN.pdf Download (257kB) |
Abstract
ABSTRAK Ni Putu Ayu Ratna Kusuma Dewi (2022), Penggunaan Google Classroom untuk Mengajar Menulis. Tesis. Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini dibimbing dan disetujui oleh Dosen Pembimbing I: Dr. Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi, S.Pd., M.Pd., dan Pembimbing II: Dr. Ni Putu Era Marsakawati, S.Pd., M.Pd. Keywords: Google Classroom, mengajar, menulis Pengajaran menulis menuntut guru untuk menerapkan beberapa langkah dan strategi yang sejalan dengan kompetensi dasar dan indikator. Namun, dengan merebaknya pandemi COVID-19, guru perlu menerapkan pembelajaran menulis melalui penggunaan platform online, seperti Google Classroom. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan Google Classroom dalam pembelajaran menulis di SMPN 1 Mengwi dan (2) mengetahui pendapat siswa terhadap pembelajaran menulis melalui Google Classroom. Tantangan yang dihadapi siswa juga tercakup dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket, dengan mengambil sampel seorang guru bahasa Inggris dan enam puluh siswa SMPN 1 Mengwi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan beberapa tahapan dalam melaksanakan pembelajaran menulis, antara lain kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Proses penulisan yang terdiri dari pra-penulisan, penyusunan, penyuntingan, dan penerbitan dilakukan sepanjang kegiatan. Pra-penulisan dilakukan pada kegiatan inti dengan menggunakan strategi brainstorming, yang dilanjutkan dengan proses penyusunan. Kemudian, proses penyuntingan dan penerbitan dilakukan pada kegiatan penutup. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa memiliki pendapat positif terhadap pembelajaran menulis yang dilaksanakan melalui Google Classroom karena sebagian besar siswa merespon positif terhadap kemudahan akses Google Classroom dan efektivitas penggunaan Google Classroom untuk membantu pembelajaran menulis. Tantangannya juga dianggap ringan. Hal ini menunjukkan bahwa Google Classroom dapat digunakan untuk pembelajaran menulis di masa pandemi, karena dapat memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran menulis dan dipersepsikan secara positif oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom, mengajar, menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | NI PUTU AYU RATNA KUSUMA DEWI |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 02:46 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 02:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12219 |
Actions (login required)
View Item |