Subrata, I Made (2022) Investigation of Hyflex Learning Readiness at Paradise Star Hospitality College in Bali Province. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2029081032-COVER.pdf Download (662kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2029081032-ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029081032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029081032-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029081032-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (639kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029081032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2029081032-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029081032-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2029081032-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kategori kesiapan untuk penerapan pembelajaran HyFlex di Paradise Star Bali College di lima kabupaten yaitu Badung, Gianyar, Karangasem, Singaraja, dan Singaraja, dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang perlu untuk ditingkatkan untuk pelaksanaan pembelajaran HyFlex. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui tingkat kesiapan penerapan pembelajaran HyFlex yang mengukur empat faktor utama: teknologi, inovasi, manusia, dan pengembangan diri. Berdasarkan rumus Slovin, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 86 guru dan 333 siswa. Analisis data penelitian ini dipetakan berdasarkan skala kesiapan belajar model Aydin dan Tasci dengan rentangan menggunakan skala Likert satu sampai lima. Dalam menilai validitas kuesioner, dua ahli dilibatkan dalam menilai instrumen dan product-moment Pearson digunakan untuk memeriksa reliabilitas instrumen. Tingkat kesiapan pada faktor teknologi diperoleh skor = 4,31, sedangkan faktor inovasi memperoleh skor = 4,25. Untuk faktor manusia diperoleh skor sebesar 4,27, dan tingkat kesiapan pada faktor pengembangan diri diperoleh skor = 4,30 yang artinya masing-masing faktor tergolong siap melaksanakan pembelajaran HyFlex. Secara keseluruhan, kelima cabang Paradise Star Bali College di Provinsi Bali memiliki skor pembelajaran HyFlex = 4,28 > 3,41. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Paradise Star Bali College dikategorikan siap untuk menerapkan pembelajaran HyFlex. Namun demikian, skor butir individu pada kuisioner masih memerlukan sedikit perbaikan untuk beberapa faktor yaitu faktor teknologi, inovasi, dan manusia. Hal ini terkait dengan kemampuan teknis, penerimaan inovasi, dan vendor atau pihak ketiga untuk mengembangkan pembelajaran HyFlex. Perbaikan perlu dilakukan tidak hanya untuk meningkatkan skor pembelajaran HyFlex dari setiap faktor tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam konteks pembelajaran perhotelan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesiapan guru, pembelajaran HyFlex, faktor kesiapan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | I Made Subrata |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 03:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 03:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12222 |
Actions (login required)
View Item |