Dewi, Kadek Candra (2022) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Volume Dan Luas Permukaan Balok Kelas V SD Negeri 17 Pemecutan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031197-COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031197-ABSTRAK.pdf Download (125kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031197-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (364kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031197-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031197-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031197-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031197-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031197-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (226kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031197-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media video pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi volume dan luas permukaan balok, (2) Mengetahui kelayakan video pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual pada materi volume dan luas permukaan balok di SD Negeri 17 Pemecutan. Subjek penelitian ini meliputi 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, uji coba perorangan 3 siswa dan uji coba kelompok kecil 9 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner dan metode wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran menunjukkan bahwa 1) Rancang bangun media berupa video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual yang terdiri dari tampilan awal, animasi, indikator, kompetensi dasar, gambar, isi materi, kesimpulan materi dan soal latihan. 2) rancang bangun video pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu (a) analysis, (b) design, (c) development, (d) implementation, (e) evaluation; 3) rancang bangun video pembelajaran matematika berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan sangat layak berdasarkan (a) hasil review ahli isi pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (93,75%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (95%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan kualifikasi sangat baik (95,45%), (d) hasil uji coba perorangan menunjukkan kualifikasi sangat baik (91,6%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan kualifikasi sangat baik (95%). Jadi video pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video Pembelajaran, Matematika, Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Candra Dewi |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:11 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12378 |
Actions (login required)
View Item |