An Analysis of Junior High School Students’ Motivation in Learning English Online during Covid-19 Pandemic

Hutaminingrum, Made Prima Devi (2022) An Analysis of Junior High School Students’ Motivation in Learning English Online during Covid-19 Pandemic. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021034-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021034-ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812021034-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021034-LAMPIRAN.pdf

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis motivasi siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris online selama Pandemic. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pre- observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VII SMP Negeri 6 Singaraja. Dalam penelitian ini, hasil wawancara menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris online selama pandemic adalah otonomi, kompetensi, lingkungan belajar, dan aktivitas belajar yang menyenangkan. Selama mengikuti pembelajaran siswa merasa tidak leluasa ketika belajar secara online karena pada saat belajar siswa tidak di dampingi oleh guru, selain itu siswa merasa sulit untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki karena tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki, lingkungan belajar dirumah seperti ruang belajar menyebabkan tidak focus dan merasa terganggu pada saat belajar karena terdapat gangguan dari sekitar rumah dan koneksi internet yang tidak stabil, dan aktivitas pembelajaran yang tidak menarik seperti permainan atau kuis yang diberikan tidak menggunakan media atau aplikasi dan materi yang disampaikan sulit untuk dimengerti. Dengan demikian dari hasil interview ditemukan faktor-faktor tersebut menyebabkan penurunan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran online, Motivasi intrinsik, Ektrinsik, Faktor-faktor motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Made Prima Devi Hutaminingrum
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:26
Last Modified: 22 Jul 2022 01:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item View Item