INVESTIGATING THE EFFECT OF LITERACY-BASED INSTRUCTION AIDED BY ICT ON ENGLISH COURSE IN GRADE 9TH STUDENTS IN SMP NEGERI 1 TEJAKULA

Suganda, Prana Isvari (2022) INVESTIGATING THE EFFECT OF LITERACY-BASED INSTRUCTION AIDED BY ICT ON ENGLISH COURSE IN GRADE 9TH STUDENTS IN SMP NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021053-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021053-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (479kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021053-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam penyelidikan pengaruh pembelajaran berbasis literasi yang dibantu oleh TIK pada pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas 9 di SMP Negeri 1 Tejakula. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen pre-test, post-test dan pedoman wawancara. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan analisis uji sampel independen untuk mengukur pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran berbasis literasi berbantuan TIK dan pembelajaran berbasis non-literasi. Kemudian dilanjutkan dengan menganalisis pedoman wawancara kelemahan pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi berbantuan TIK menggunakan analisis model interaktif. Validitas dan reliabilitas digunakan sebagai uji coba sebelum diberikan pilihan ganda dan tes esai untuk kelompok kontrol dan eksperimen dengan menunjukkan hasil Pearson Correlation lebih tinggi daripada rtable dan nilai Cronbach’s Alpha lebih tinggi daripada 0.80. Ditemukan bahwa pre-test dan post-test digunakan untuk mengukur hasil skor bahasa Inggris siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan dari hasil analisis independen sampel t-test menunjukkan bahwa hipotesis (Ha) diterima karena Tobserved lebih tinggi dari nilai kritis (0.05). Itu berarti terdapat pengaruh terhadap instruksi berbasis literasi dibantu oleh TIK dalam ukuran efek yaitu 0.5 yang di klasifikasikan sebagai efek sedang. Penggunaan media berbantuan TIK dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis literasi memiliki beberapa kendala dalam penyampaian materi selama pembelajaran online. Kelemahan penerapan pembelajaran berbasis literasi adalah keterbatasan siswa dalam mengakses materi saat pembelajaran yang disebabkan oleh jaringan internet ketika online berlangsung. Kata kunci: literasi berbasis instruksi, TIK, pembelajaran Bahasa Inggirs, siswa kelas 9.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi berbasis instruksi, TIK, pembelajaran Bahasa Inggirs, siswa kelas 9.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Prana Isvari Suganda
Date Deposited: 21 Jul 2022 13:50
Last Modified: 21 Jul 2022 13:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item