Pujihastuti, Annisa (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 JEMBRANA PADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011069-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011069-ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011069-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011069-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011069-BAB 3 METEDOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011069-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011069-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011069-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011069-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) berbantuan Mind Mapping berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Jembrana Pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa VIII Mts Negeri 4 Jembrana pada tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri atas tujuh kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik clauster random sampling. Pada teknik penelitian membagi populasi menjadi kelompok yang terpisah. Dari sebagian kelompok tersebut diambil beberapa sampel secara acak atau random. penelitian ini menjadikan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. VIII B sebagai kelompok eksperimen penelitian dan siswa VIII C sebagai kelompok kontrol. Data hasil motivasi belajar matematika dikumpulkan menggunakan angket yang terdiri atas 16 butir pernyataan. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis statistik deskriptif dan analisis inferensial (uji-t). Berdasarkan data hasil analisis inferensial (uji-t) didapat dan dengan taraf signifikan 5%. Sehingga diperoleh kemudian diinterpretasikan bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) berbantuan mind mapping berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SFAE, Motivasi Belajar, Pelajaran Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Annisa Puji Hastuti |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12532 |
Actions (login required)
View Item |