PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN KUTA

Wiriani, Ni Made Adi (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBASIS PENDEKATAN STEM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN KUTA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2029042016-COVER.pdf

Download (515kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029042016-ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029042016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029042016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029042016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029042016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029042016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029042016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029042016-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Adi Wiriani, Ni Made (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pendekatan STEM terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I: Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd. dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Made Ardana, M.Pd. Kata Kunci: Model Learning Cycle 5E; Pendekatan STEM; Sikap Ilmiah; Hasil Belajar IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis pendekatan STEM terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta. Penelitian ini menggunakan quasi-experiment dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta dengan jumlah siswa 294 siswa. 50 siswa terpilih sebagai sampel melalui teknik sampling penuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu, metode kuesioner untuk data sikap ilmiah dan metode tes untuk data hasil belajar IPA. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data, diuji coba terlebih dahulu kemudian diuji validitas serta reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dilakukan dengan uji MANOVA. Hasil pengujian ketiga hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah, 1) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis pendekatan STEM dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, dengan nilai F = 5,284 dan taraf signifikan sebesar 0,026. 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis pendekatan STEM dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung, dengan F = 28,240 dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,000. 3) secara simultan terdapat perbedaan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbasis pendekatan STEM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Dengan nilai F sebesar 15,479 dan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,050.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Learning Cycle 5E; Pendekatan STEM; Sikap Ilmiah; Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Ni Made Adi Wiriani
Date Deposited: 26 Jul 2022 02:00
Last Modified: 26 Jul 2022 02:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12678

Actions (login required)

View Item View Item