Sulindawati, Ni Luh Gede Erni (2022) PENGEMBANGAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGANGGARAN MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1739011002-COVER.pdf Download (648kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1739011002-ABSTRAK.pdf Download (128kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1739011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1739011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (589kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1739011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1739011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1739011002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1739011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1739011002-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemuinya permasalahan dimana mahasiswa mengalami kesulitan dalam hal penguasaan dan pemahaman proses penyusunan anggaran menyeluruh dan belum memadainya media pembelajaran online pada pembelajaran penganggaran pada masa pandemic covid-19. Salah satu cara untuk membantu memudahkan pemahaman mahasiswa perlu dikembangkan model pembelajaran yang sesuai. Pada penelitian ini dianalis dan dikembangkan suatu model pembelajaran discovery learning berbantuan media eletronik pada pembelajaran penganggaran. Tujuan dari penelitian untuk menghasilkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media elektronik (DLBME) pada pembelajaran pengganggaran yang valid, praktis dari persepsi peserta didik dan pendidik serta efektif dinilai dari hasil belajar penganggaran. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan mengikuti desain model pengembangan kombinasi dimana pada tahap pengembangan ini mengikuti tahap pengembangan perancangan pendidikan dari Plomp dengan dipadukan unsur-unsur pengembangan pembelajaran yang dikemukakan oleh Joyce et al., pengembangan model ADDIE dan pengembangan material (produk) pembelajaran oleh Nieveen. Data dikumpulkan melalui telaah pustaka, wawancara, kuesioner untuk mahasiswa yang sudah pernah memprogram mata kuliah penganggaran, dosen pendidik, dan dengan lembar evaluasi ahli materi dan ahli media pembelajaran. Desain pembelajaran DLBME ini berisi modul digital, buku panduan model DLBME serta perangkat pembelajaran. Validitas isi dan desain model memenuhi kriteria Valid. Kepraktisan Model sangat baik, dinilai dari persepsi mahasiswa dan dosen. Efektivitas model memenuhi kriteria Efektif yang ditunjukkan oleh pencapaian hasil belajar peserta didik dan uji beda capaian dengan hasil pembelajaran pengganggaran pada tahun sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Erni Sulindawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 07:07 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 07:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12688 |
Actions (login required)
View Item |