Wijaya, I Gede Harta (2022) Pengembangan E-Modul Dengan Model Problem- Based Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Kelas X Di Smk Negeri 1 Busungbiu. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071002-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071002-ABSTRAK.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (506kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071002-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Bahan dan media ajar yang menarik akan meningkatkan minat belajar. Disadari bahwa dalam proses pembelajaran kelas X program AP memiliki batas waktu yang singkat dan kurangnya media pembelajaran yang menarik perhatian siswa untuk belajar sehingga berpengaruh terhadap penerimaan materi saat belajar. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pembelajaran berupa e-modul pembelajaran dengan model Problem-Based Flipped Classroom siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Desain penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model AM3PU3. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa perorangan, siswa kelompok kecil, dan siswa dalam uji coba lapangan. Variabel dalam penelitian ini adalah e-modul dengan model Problem- Based Flipped Classroom dan prestasi belajar siswa kelas X program AP di SMK Negeri 1 Busungbiu. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa telah berhasil dirancang sebuah e-modul dengan Model Problem- Based Flipped Classroom untuk pembelajaran simulasi dan komunikasi digital. Setelah melalui tahapan validasi dari para ahli isi, ahli media, ahli desain dan subjek uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan, e-modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan posttest. Dilihat dari konversi hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Busungbiu, nilai rata-rata posttest siswa sebesar 80,75 dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital sebesar 75,00. Implementasi e-modul dengan model Problem- Based Flipped Classroom dalam pembelajaran efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: e-modul, Problem- Based Flipped Classroom, simulasi dan komunikasi digital, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Gede Harta Wijaya |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/12722 |
Actions (login required)
View Item |