PENGEMBANGAN SKALA KETERGANTUNGAN TEKNOLOGI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

Pratiwi, Dhea Nanda (2022) PENGEMBANGAN SKALA KETERGANTUNGAN TEKNOLOGI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011036-COVER.pdf

Download (331kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011036-ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011036-LAMPIRAN.pdf

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat ukur dan menguji kelayakan sehingga mengahsilkan instrumen yang valid dan reliable untuk mengukur tingkat ketergantungan teknologi pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan prosedur model pengembangan yang dikembangkan oleh Anastasi yang terdiri dari : (1) Menetapkan tujuan tes, (2) Analisis reverensi dan sumber, (3) Menyusun kisi – kisi, (4) Menulis butir instrumen, (5) Menelaah soal atau validasi konsep, (6) Revisi atau perbaikan instrumen, (7) Reproduksi instrumen secara terbatas, (8) Uji coba instrumen, (9) Analisis hasil uji coba, (10) Merakit butir tes yang siap untuk dipakai. Subjek pada penelitian pengembangan ini untuk uji validitas isi menggunakan 5 orang ahli atau praktisi yang terdiri dari 3 orang dosen Bimbingan dan Konseling FIP Undiksha, dan 2 orang guru BK di sekolah. Untuk uji validitas empirik dan uji reliabilitas digunakan siswa SMP Negeri 1 Tegaldlimo sebanyak 60 orang siswa. Uji validitas pada penelitian pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan formula Lawshe (1975) yang terdiri dari 70 item pertanyaan. Hasil perhitungan CVR pada setiap item pernyataan isntrumen skala ketergantungan teknologi sebesar 56,04 dan CVI 0,8, dengan demikian instrumen skala ketergantungan teknologi memenuhi kriteria relevan dengan topik yang dianalisis. Untuk menguji tingkat validitas empiric yaitu menggunakan korelasi Product Moment (Pearson Corelation) dengan bantuan SPSS 25.0 For Windows dengan melibatkan 60 orang responden, dari 70 item pernyataan diperoleh 48 item pernyataan yang valid. Untuk uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan jumlah responden yaitu 60 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tegaldlimo melalui googleform dan hanya butir yang valid saja yang diujicobakan. Berdasarkan hasil reliabilitas instrumen skala ketergantungan teknologi memenuhi kriteria reliable dengan hasil uji reliabitas sebesar 0,917 dengan interprestasi sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen skala ketergantungan teknologi layak untuk mengukur ketergantungan teknologi pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: skala ketergantungan teknologi. validitas & reliabilitas, R&D
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Dhea Nanda Pratiwi
Date Deposited: 12 Oct 2022 09:15
Last Modified: 12 Oct 2022 09:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13001

Actions (login required)

View Item View Item