Pertiwi, Ni Kadek Diana Yuni (2022) Pengembangan Media Pop-Up Book Dengan Latar Gambar Nuansa Budaya Bali Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Topik Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1811031302-COVER.pdf Download (723kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031302-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031302-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031302-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031302-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031302-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (396kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031302-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031302-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031302-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop-up book dengan latar gambar nuansa budaya Bali, mengetahui validitas media pop-up book dengan latar gambar nuansa budaya Bali, dan mengetahui pengaruhnya terhadap minat belajar muatan pelajaran IPA materi tata surya siswa kelas VI sekolah dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Subjek pengembangan penelitian yaitu pop-up book sedangkan objek pengembangan,rancang bangun, validitas dan efektivitas. Subjek uji efektivitas penelitian yaitu siswa sedangkan objeknya minat belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk uji efektivitas, rating scale untuk uji validitas media. Hasil analisis data yang diperoleh yaitu hasil validitas ahli media 4,25, praktisi 5,00 dan respon siswa yaitu 5,00 seluruhnya dikualifikasikan sangat baik. Sedangkan uji efektivitas modul elektronik media pop-up book dengan latar gambar nuansa budaya Bali mendapatkan rata-rata setelah diberikan perlakuan sebesar 92 dan mendapatkan nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,005 jadi, H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar siswa kelas VI SD setelah belajar menggunakan media pop-up book dengan latar gambar nuansa budaya Bali. Berdasarkan pengembangan media, rata-rata validitas, respon pengguna praktisi, siswa dan efektivitas, media pop-up book sudah layak untuk digunakan. Kata kunci: Media, Pop-Up Book, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media1, Pop-Up Book2, Minat Belajar3. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Diana Yuni Pertiwi |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 01:31 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13049 |
Actions (login required)
View Item |