Prasetya, I Gede Agus Saka (2022) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATA PELAJARAN KIMIA SMA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829071009_COVER.pdf Download (422kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829071009_ABSTRAK.pdf Download (308kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1829071009_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (592kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1829071009_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1829071009_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (905kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071009_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Download (814kB) |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1829071009_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071009_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829071009_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan multimedia dan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa; mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan multimedia dan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa; mendeskripsikan pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantuan multimedia dan pembelajaran Problem Based Learning berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berbantuan multimedia, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pelajaran kimia. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang yang diambil dengan metode purposive random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest non-equivalent control group design. Untuk menguji hipotesis, digunakan metode Multivariate Analysis of Covariate (Mancova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan multimedia dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD, 2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan multimedia dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD, dan 3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan multimedia. Dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL berbantuan LKPD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning Berbantuan Multimedia, Motivasi Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | I Gede Agus Saka Prasetya |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 03:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 03:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13051 |
Actions (login required)
View Item |