Pengembangan E-Modul Berorientasi pada Bangunan Tradisional Bali Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP

Supawidhiasih, Ni Putu (2022) Pengembangan E-Modul Berorientasi pada Bangunan Tradisional Bali Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923011014 - COVER.pdf

Download (351kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923011014 - ABSTRAK.pdf

Download (94kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923011014 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923011014 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923011014 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923011014 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923011014 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923011014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923011014 - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik e-modul berorientasi pada bangunan tradisional Bali untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pola bilangan melalui pengembangan e-modul siswa dan modul petunjuk guru. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan 3 fase prosedur pengembangan oleh Plomp, yaitu penelitian awal, pengembangan, dan asesmen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kuta Utara dengan VIII A sesi 2 sebagai kelas uji coba lapangan II, VIII A sesi 1 sebagai kelas uji coba lapangan I, dan kelas VIII C sesi 2 sebagai kelas uji coba terbatas. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman konsep untuk mengukur efektifitas, lembar keterlaksanaan, angket respon guru dan siswa untuk mengukur kepraktisan; lembar validasi untuk mengukur validitas e-modul. Hasil uji validitas menunjukkan e-modul siswa dan modul petunjuk guru berada pada kategori sangat valid. Analisis terhadap kepraktisan e-modul menunjukkan e-modul berada pada kategori praktis. Selain itu, analisis terhadap efektifitas produk menunjukkan e-modul yang dikembangkan efektif. Dengan demikian, telah dikembangkan e-modul berorientasi pada bangunan tradisional Bali yang valid, praktis, dan efektif. Terdapat beberapa ciri khas yang ditemukan pada e-modul siswa dan modul petunjuk guru. Karakteristik e-modul siswa adalah (1) konteks pembelajaran menggunakan konteks budaya, (2) mengombinasikan pendekatan saintifik dan model pembelajaran berbasis masalah sehingga siswa belajar secara konstruktif dan pembelajaran berpusat pada siswa, (3) e-modul yang disusun secara khusus berkaitan dengan pemanfaatan etnomatematika Undagi Bali dalam pembelajaran pola bilangan, (4) memuat latihan soal untuk memperdalam pemahaman siswa dan menyediakan berbagai jenis masalah berkaitan dengan pola bilangan. Karakteristik modul petunjuk guru yang dikembangkan yaitu (1) memuat tindakan antisipasi yang perlu diperhatikan oleh guru untuk meminimalisir masalah yang dialami siswa selama proses pembelajaran pada setiap kegiatan pembelajaran, (2) memuat masalah/kesulitan selama proses pembelajaran yang mungkin dialami siswa dan tindakan untuk mengatasinya, (3) menyediakan alternatif penyelesaian masalah untuk pertanyaan-pertanyaan yang ada di e-modul siswa mengingat perbedaan cara berpikir dalam menyelesaikan masalah antar siswa, (4) memuat langkah-langkah pembelajaran dengan jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, pemahaman konsep matematika, bangunan tradisional Bali, pola bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Putu Supawidhiasih
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:06
Last Modified: 17 Oct 2022 03:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item