Surya Negara, Kadek Andi (2022) Pengembangan Lab Virtual Jaringan Komputer Untuk Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Di SMK Negeri 3 Negara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051009-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (291kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051009-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap proses belajar pada mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan terutama dalam proses pembelajaran praktikum yang di mana dalam proses pembelajaran guru memberikan modul berupa PDF yang memuat beberapa ilustrasi gambar yang bersumber dari buku paket dan juga pada saat melakukan praktikum dalam laboratorium kurangnya peralatan yang memenuhi standar minimum dalam melakukan praktik. Dalam penelitian ini diharapkan mampu mengatasi masalah sarana dan prasarana siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar khususnya dalam kegiatan praktik. Dalam penelitian ini metode pengembangan yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan NDLC. ADDIE terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis – Design – Development – Implementation – Evaluasi dan NDLC terdapat 6 tahapan yaitu Analysis – Design - Simulation Prototiping – Implementation – Monitoring – Management. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 Negara yang berjumlah 29 siswa. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Laboratorium Virtual Jaringan Komputer berbasis flipped classroom mata pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan untuk materi VLAN dan Routing Dinamis dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan: (1) Penilaian ahli isi, media, dan desain pembelajaran memperoleh nilai 1,00 yang termasuk dalam tingkat validitas “Sangat Tinggi” . (2) Penilaian hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh rata-rata sebesar 57,3 dan 49 sehingga tergolong kriteria “Praktis” dan “Sangat Praktis”. (3) Angket uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,95 yang termasuk dalam interpertasi “Efektif”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Laboratorium Virtual, Flipped Classroom, Administrasi Infrastruktur Jaringan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Andi Surya Negara |
Date Deposited: | 17 Oct 2022 03:33 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13086 |
Actions (login required)
View Item |