Pengembangan E-modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Komik Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Arya Putra Wibisana, I Made (2022) Pengembangan E-modul Pembelajaran IPA SMP Kelas VII Berbasis Komik Berpendekatan Jelajah Alam Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071029-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071029-ABSTRAK.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071029-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071029-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071029-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071029-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071029-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071029-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071029-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-modul IPA SMP kelas VII berbasis komik berpendekatan jelajah alam sekitar yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan yang mengakomodasi model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Data yang dikumpulkan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif melalui kuisioner validitas ahli materi dengan teknik analisis gregory, ahli media dan bahasa dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, kepraktisan guru dan siswa dengan teknik analisis perhitungan rata-rata, serta tes hasil belajar bagi siswa dengan teknik analisis data <gain score> ternormalisasi. Uji efektivitas pada penelitian dilakukan dengan rancangan pre-experimental one group pretest-posttest design. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu (1) e-modul dikemas dengan komik berpendekatan jelajah alam sekitar yang dilengkapi ilustrasi dan fenomena alam sekitar, video, audio, dan kuis interaktif. (2) e-modul IPA dinyatakan sangat valid secara keseluruhan dengan nilai rata-rata 99,7. (3) e-modul IPA dinyatakan sangat valid dari segi materi dengan koefesien validasi Gregory 1,00, sangat valid dari segi media dengan nilai rata-rata 99,3 , sangat valid dari segi bahasa dengan nilai rata-rata 1,00. (4) e-modul dinyatakan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan nilai rata-rata berturut-turut 94,61 dan 91,89. (5) e-modul dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai <gain score> 0,52 dengan kualifikasi sedang. Sesuai hasil yang diperoleh bahwa e-modul IPA berbasis komik berpendekatan jelajah alam sekitar dapat digunakan sebagai alternative pilihan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-modul Pembelajaran. Hasil Belajar. Komik,.Pendekatan Jelajah Alam Sekitar..
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Made Arya Putra Wibisana
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:35
Last Modified: 17 Oct 2022 07:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13104

Actions (login required)

View Item View Item