Ardiyanti, Ni Putu (2020) PENGGUNAAN MEJA DAN TEMPAT DUDUK YANG TIDAK ERGONOMIS MENINGKATKAN KELUHAN MUSKULOSKETAL DAN KELELAHAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041010-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041010-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041010-LAMPIRAN.pdf Download (744kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meja dan tempat duduk yang tidak ergonomis meningkatkan keluhan muskuloskeletal dan kelelahan serta kontribusinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini berupa penelitian eksperimen lapangan (field experimental) dengan rancangan randomized pre and post test group design dengan variabel berupa (a) peningkatan keluhan muskuloskeletal peserta didik akibat meja dan tempat duduk yang tidak ergonomis yang didata dengan kuesioner Nordic Body Map, (b) peningkatan kelelahan peserta didik yang didata dengan kuesioner 30 Items of Rating Scale of General Fatigue, dan (c) kontribusi keluhan muskuloskeletal dan kelelahan terhadap prestasi belajar peserta didik yang didata dengan memberikan tes di akhir pembelajaran. Pendataan dilakukan sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran terhadap 35 sampel selama 3 (tiga) hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-paired dan uji regresi pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keluhan muskuloskeletal sebesar 59,65% (p<0,05) dan kelelahan sebesar 22,55% (p<0,05) serta keluhan muskuloskeletal dan kelelahan tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik karena kontribusinya hanya sebesar 13,1%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meja dan tempat duduk yang tidak ergonomis meningkatkan keluhan muskuloskeletal dan kelelahan, namun tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik. Kata kunci: Meja dan Tempat Duduk, Keluhan Muskuloskeletal, Kelelahan, dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meja dan Tempat Duduk, Keluhan Muskuloskeletal, Kelelahan, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Ardiyanti |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 01:01 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 01:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1320 |
Actions (login required)
View Item |