DEVELOPING ICT-BASED LEARNING MEDIA USING POWTOON IN DESCRIPTIVE TEXT FOR SEVENTH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 2 SAWAN

Sintayani, Ni Luh (2022) DEVELOPING ICT-BASED LEARNING MEDIA USING POWTOON IN DESCRIPTIVE TEXT FOR SEVENTH-GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 2 SAWAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021075-COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021075-ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812021075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021075-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021075-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021075-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi Powtoon untuk guru bahasa Inggris dan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas VII SMP, khususnya untuk pembelajaran menulis teks deskriptif agar lebih menarik. Dalam mengembangkan produk tersebut, peneliti menggunakan metode Design and Development. Model ADDE (Analysis, Design, Development, dan Evaluation) yang dikemukakan oleh Richey & Klein (2007) dipilih sebagai model desain dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sawan. Peneliti melakukan wawancara, analisis silabus, penyebaran kuesioner, dan rubrik penilaian ahli untuk memperoleh data. Pada materi teks deskriptif terdapat binatang, orang, dan benda yang dikembangkan menjadi video animasi Powtoon. Rubrik penilaian ahli untuk aspek materi dan media menghasilkan video yang tergolong media sangat baik. Ditemukan bahwa penerapan video animasi Powtoon dapat membantu guru untuk mengajar menulis teks deskriptif. Selain itu, membantu siswa dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar bahasa Inggris, terutama untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka. Hasil akhir dari penelitian ini adalah video animasi Powtoon berupa prototype produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar Mengajar, Powtoon, Teks Deskriptif, Siswa SMP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Sintayani
Date Deposited: 19 Oct 2022 20:27
Last Modified: 19 Oct 2022 20:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

View Item View Item