PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP

Jannah, Riadhil (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071022-COVER.pdf

Download (744kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071022-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (453kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071022-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071022-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071022-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dan siswa yang dibelajarkan dengan model STAD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian pre-test post-test non equivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seririt sebanyak 263 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII C sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda diperluas sebanyak 25 butir soal pada materi pernapasan pada manusia. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui perbedaan pemahaman kosep IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran AIR dan pemahaman konsep IPA siswa yang dibelajarkan dengan mengggunakan model pembelajaran STAD. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan ANACOVA satu jalur dengan taraf signifikansi 5%. Hasil analisis uji hipotesis menemukan bahwa nilai F = 34,889 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (sig < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran AIR dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil uji lanjut sebesar 5,895 Nilai ini lebih kecil dari pada nilai selisih mean kedua kelas 5,985<6,208 yang menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model AIR memiliki pemahaman konsep IPA yang lebih baik dibandingankan dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model STAD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran AIR, Model pembelajaran STAD, Pemahaman Konsep IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Riadhil Jannah
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:28
Last Modified: 20 Oct 2022 07:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13424

Actions (login required)

View Item View Item