Gunada, Komang Hera Rahayu (2022) PENGEMBANGAN TES BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMA KELAS X PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011004-COVER.pdf Download (250kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011004-ABSTRAK.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (111kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011004-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan instrumen tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMA kelas X pada materi perbandingan trigonometri yang memenuhi standar kualitas.Penelitian ini mengikuti metode penelitian pengembangan dengan mengikuti model Parth Whole yang terdiri dari tujuh langkahyang meliputi menetapkan tujuan tes, penyusunan tes, telaah dan revisi butir-butir soal, merancang susunan (layout) tes, uji coba instrumen, analisis hasil coba, dan penentuan perangkat akhir instrumen. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa SMA kelas X di SMA Negeri 1 Negara sebanyak 106 siswa. Instrumen yang dikembangkan terdiri dari 10 butir soal uraian untuk mengukur pengetahuan konseptual dan keterampilan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Hasil uji coba menunjukkan bahwa: (1) uji validitas untuk instrumen tes ini menggunakan rumus koefisien korelasi parth-whole dengan koefisien korelasi berkisar antara 0,221 hingga 0,561 dimana yang berarti keseluruhan butir memenuhi standar validitas; (2) koefisien reliabilitas instrumen yang diperoleh adalah 0,62 termasuk kategori tinggi; (3) indeks daya beda butir tes berkisar antara 0,861 sampai 0,942 dengan kriteria sangat baik; (4) taraf kesukaran butir tes yang diperoleh adalah 60% tergolong kategori sedang dan 40% tergolong kategori sukar; (5) dari hasil analisis butirfitdiperoleh nilai outfit MNSQ berkisar antara 0,57 sampai 1,36; nilai outfit ZSTD berkisar antara –3,49 sampai 2,62; dan nilai Pt Measure Corr berkisar antara 0,43 sampai 0,58 yang berarti ketiga item fit terpenuhi sesuai dengan model ideal pengukuran; dan (6) hasil perhitungan peluang siswa menjawab benar menggunakan Partial Credit Model (PCM) dengan estimasi abilitas tertentu memperoleh rata-rata sebesar 0,674 yang menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan peserta dalam menjawab tes berada dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | instrumen tes, berpikir kreatif, parth-whole |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Komang Hera Rahayu Gunada |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 07:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 07:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13431 |
Actions (login required)
View Item |