Putri, Ade Ayu Blavansya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MATERI ALJABAR KELAS VII DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713011043-COVER.pdf Download (300kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713011043-ABSTRAK.pdf Download (48kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (711kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713011043-LAMPIRAN.pdf Download (357kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan media pembelajaran interaktif yang memenuhi kualitas valid, praktis dan efektif yang diharapkan bisa membantu meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa, khususnya pelajaran matematika materi aljabar kelas VII SMP. Jenis penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D mencakup tahap pendefinisian (define), tahap desain (design), tahap pengembangan (develop), serta tahap penyebaran (dessiminate). Tahap penyebaran (dessiminate) tidak dilaksanakan. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat diakses melalui aplikasi Edpuzzle. Hasil penelitian meliputi rancangan video dalam bentuk storyboard, hasil validitas oleh para ahli, hasil uji coba pengembangan yang dilakukan oleh siswa dan guru. Video pembelajaran didesain menggunakan PowerPoint. Setiap scene diberikan narasi suara dan rekam layar menggunakan Camtasia, kemudian diunggah ke Edpuzzle untuk dibuat menjadi interaktif. Hasil evaluasi ahli media dan ahli materi memberikan skor rata-rata berturut-turut yaitu 4.3125 dan 4.615. Media pembelajaran interaktif dikatakan valid dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan media dilihat dari hasil angket respon siswa dan guru yang dilakukan kepada 1 orang guru matematika dan 23 siswa dari kelas VII-7 SMP Negeri 4 Denpasar. Rata-rata skor angket yang diperoleh berturut-turut yaitu 4.28 dan 4.357. Media pembelajaran interaktif dikatakan praktis dengan kriteria sangat tinggi dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Keefektifan dari media pembelajaran interaktif dilihat dari skor tes, dengan minimal 75% dari jumlah siswa yang diujicoba memperoleh skor tes di atas 75. Tes ketuntasan belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 butir diberikan kepada 23 siswa dari kelas VII-7 SMP Negeri 4 Denpasar, terdapat 18 dari 23 siswa memperoleh skor di atas 75 dengan persentase 78,26%. Media pembelajaran interaktif dapat dikatakan efektif dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif dapat digunakan sebagai media pembelajaran penunjang pembelajaran matermatika kelas VII khususnya materi aljabar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video pembelajaran, aljabar, Edpuzzle, interaktif, model 4D |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ade Ayu Blavansya Putri |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 01:40 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 01:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13462 |
Actions (login required)
View Item |