IMPLIKASI PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KELELAHAN DAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUKASADA

Pratiwi, Emylia (2020) IMPLIKASI PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KELELAHAN DAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041043-COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041043-ABSTRAK.pdf.pdf

Download (109kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041043-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041043-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041043-LAMPIRAN.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pelaksanaan full day school terhadap kelelahan dan keluhan muskuloskeletal serta kontribusinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian eksperimental lapangan (field experimental) ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and post test group design dengan variabel bebas berupa pelaksanaan full day school. Variabel terikat berupa: (a) kelelahan peserta didik yang didata dengan kuesioner 30 items of rating scale of general fatigue, (b) keluhan muskuloskeletal peserta didik yang didata dengan kuesioner Nordic Body Map dan (c) prestasi belajar peserta didik yang didata dengan 20 soal pilihan ganda. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 27 sampel selama 3 (tiga) hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-paired pada taraf signifikansi 5%. Data kontribusi kelelahan dan keluhan muskuloskeletal terhadap prestasi belajar peserta didik dianalisis dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelelahan sebesar 41,66% dan keluhan muskuloskeletal sebesar 34,58% (p<0,05), sedangkan untuk kelelahan dan keluhan muskuloskeletal tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik karena kontribusinya hanya sebesar 2,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan full day school berimplikasi terhadap kelelahan dan keluhan muskuloskeletal peserta didik, namun tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Full Day School, Kelelahan, Keluhan Muskuloskeletal, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Kelelahan, Keluhan Muskuloskeletal, dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Emylia Pratiwi
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:03
Last Modified: 26 Feb 2020 01:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item View Item