Pratiwi, Emylia (2020) IMPLIKASI PELAKSANAAN FULL DAY SCHOOL TERHADAP KELELAHAN DAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613041043-COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613041043-ABSTRAK.pdf.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041043-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041043-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (164kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613041043-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi pelaksanaan full day school terhadap kelelahan dan keluhan muskuloskeletal serta kontribusinya terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian eksperimental lapangan (field experimental) ini menggunakan rancangan nonequivalent randomized pre and post test group design dengan variabel bebas berupa pelaksanaan full day school. Variabel terikat berupa: (a) kelelahan peserta didik yang didata dengan kuesioner 30 items of rating scale of general fatigue, (b) keluhan muskuloskeletal peserta didik yang didata dengan kuesioner Nordic Body Map dan (c) prestasi belajar peserta didik yang didata dengan 20 soal pilihan ganda. Pendataan dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran terhadap 27 sampel selama 3 (tiga) hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t-paired pada taraf signifikansi 5%. Data kontribusi kelelahan dan keluhan muskuloskeletal terhadap prestasi belajar peserta didik dianalisis dengan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kelelahan sebesar 41,66% dan keluhan muskuloskeletal sebesar 34,58% (p<0,05), sedangkan untuk kelelahan dan keluhan muskuloskeletal tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik karena kontribusinya hanya sebesar 2,9 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan full day school berimplikasi terhadap kelelahan dan keluhan muskuloskeletal peserta didik, namun tidak berkontribusi terhadap prestasi belajar. Kata Kunci: Full Day School, Kelelahan, Keluhan Muskuloskeletal, dan Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Full Day School, Kelelahan, Keluhan Muskuloskeletal, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Emylia Pratiwi |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 01:03 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 01:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1350 |
Actions (login required)
View Item |