Sukma, Zhida Afkarina (2022) PEMBELAJARAN INOVATIF JIGSAW BERORIENTASI ERGONOMI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGAKIBATKAN PERBEDAAN KEBOSANAN DAN KELELAHAN SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 MUNCAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813041002-COVER.Pdf Download (548kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813041002-ABSTRAK.Pdf Download (65kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (77kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813041002-LAMPIRAN.pdf Download (977kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi pada pembelajaran biologi mengakibatkan: (1) perbedaan kelelahan siswa, (2) perbedaan kebosanan siswa, dan (3) penurunan kelelahan dan kebosanan pada siswa yang berkontribusi terhadap hasil belajar kognitifnya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi eksperimental dengan rancangan nonequivalent randomized pre and posttest control group design, dengan melibatkan 2 kelas yaitu satu kelas eksperimen dengan 34 siswa dan satu kelas kontrol dengan 32 siswa. Lokasi penelitain ini di SMA Negeri 1 Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Dilakukan pendataan terhadap: (1) kelelahan siswa yang didata dengan kuesioner 30 items of rating scales general fatigue, (2) kebosanan siswa dalam proses pembelajaran yang didata dengan kuesioner kebosanan, dan (3) hasil belajar kognitif siswa yang didata dengan soal tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t independent sample, karena datanya berdistribusi normal pada taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi dapat mengakibatkan perbedaan kelelahan dan kebosanan secara signifikan (p<0,05) dan terjadi penurunan kelelahan siswa sebesar 14,52% dan kebosanan siswa sebesar 33,68% antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan uji regresi untuk mengetahui kontribusi kelelahan dan kebosanan siswa terhadap hasil belajar kognitifnya, didapatkan hasil kontribusi kelelahan sebesar 3,7% dan kontribusi kebosanan sebesar 1,0% (p>0,05) terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran inovatif jigsaw pada pembelajaran biologi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif jigsaw berorientasi ergonomi pada pembelajaran biologi dapat mengakibatkan perbedaan kelelahan dan kebosanan siswa, akan tetapi tidak berkontribusi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: pembelajaran inovatif jigsaw, kelelahan, kebosanan, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran inovatif jigsaw, kelelahan, kebosanan, hasil belajar kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Zhida Afkarina Sukma |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 00:52 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 00:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13622 |
Actions (login required)
View Item |