Hayati, Nur (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD KECAMATAN PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1639031012-COVER)
1639031012-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (1639031012-ABSTRAK)
1639031012-ABSTRAK.pdf Download (66kB) |
|
Text (1639031012-BAB 1 PENDAHULUAN)
1639031012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (512kB) |
|
Text (1639031012-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1639031012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (1639031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1639031012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (1639031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1639031012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (1639031012-BAB 5 PENUTUP)
1639031012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) | Request a copy |
|
Text (1639031012-DAFTAR PUSTAKA)
1639031012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (1639031012-LAMPIRAN)
1639031012-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui validitas model pembelajaran Inkuiri berbantuan video animasi, 2) mengetahui kepraktisan penerapan model pembelajaran Inkuiri berbantuan video animasi, 3) mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi secara simultan terhadap keterampilan proses sains dan kreativitas, 4) mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi terhadap keterampilan proses sains, 5) mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi terhadap kreativitas. Pengembangan model pembelajaran menggunakan desain 4-D. Metode pengumpulan data validitas model dan kepraktisan dengan angket, sedangkan uji efktivitas pada keterampilan proses sains dan kreativitas dengan observasi. Pengujian validitas model dilakukan dengan uji pakar dan hasilnya dianalisis dengan teknik lawshe untuk menghitung content validity ratio (CVR). Pengujian model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi melibatkan 101 siswa kelas V SD Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Analisis kepraktisan dilakukan dengan melihat respon guru dan siswa sebagai pengguna. Efektivitas model dianalisis dengan analisis multivariat (Manova) dan di transformasikan dalam effect size (ES) untuk menentukan efektivitas model terhadap keterampilan proses sains dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi dinyatakan layak untuk diterapkan. Respon guru menyatakan sangat baik, respon siswa menyatakan baik. Model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA. Mengacu pada hasil tersebut direkomendasikan untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri berbantuan video animasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA di SD Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Animasi, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Video Animasi, Keterampilan Proses Sains, Kreativitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Nur Hayati |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 08:06 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 08:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13646 |
Actions (login required)
View Item |