Dewi, Ni Komang Chitra (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PESERTA DIDIK KELAS XI PADA JURUSAN KULINER DI SMK NEGERI 5 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031010-COVER)
2129031010-Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text (2129031010-ABSTRAK)
2129031010-Abstrak.pdf Download (227kB) |
|
Text (2129031010-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031010-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (383kB) |
|
Text (2129031010-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031010-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
|
Text (2129031010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031010-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text (2129031010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031010-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) | Request a copy |
|
Text (2129031010-BAB 5 PENUTUP)
2129031010-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy |
|
Text (2129031010-DAFTAR PUSTAKA)
2129031010-Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) |
|
Text (2129031010-LAMPIRAN)
2129031010-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi secara terpisah maupun bersama sama pada context, input, process, product, kendala-kendala beserta solusi yang terjadi dalam pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) peserta didik kelas XI pada jurusan Kuliner di SMK Negeri 5 Denpasar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model CIPP. Sampel pada penelitian ini yaitu 177 orang siswa, 43 orang guru pembimbing, dan 35 orang pembimbing DUDI. Data context, input, process, product pada penelitian ini dikumpulkan dengan kuesioner yang menggunakan skala likert 1-5. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL), skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke T-Skor kemudian diverifikasi ke dalam Kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) Efektifitas pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) ditinjau dari context diperoleh hasil efektif (+), 2) Efektifitas pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (-), 3) Efektifitas pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) ditinjau dari process diperoleh hasil efektif (+), 4) Efektifitas pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) ditinjau dari product diperoleh hasil efektif (+), 5) Hasil evaluasi secara bersama-sama terhadap pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL ditinjau dari context, input, process, product diperoleh hasil efektif (+ - + +), dan 6) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) adalah 1) lokasi pelaksanaan PKL yang berjarak jauh dari rumah siswa, 2) beberapa siswa terkesan belum siap mengikuti PKL, 3) pembimbing DUDI belum siap untuk membimbing, guru pembimbing kekurangan waktu 4) dalam melaksanakan monitoring, dan 5) guru mengalami kesulitan dalam menemukan tempat yang tepat untuk siswa melakasanakan program PKL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Praktik Kerja Lapangan, Studi Evaluasi, CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | NI KOMANG CHITRA DEWI |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 02:13 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 02:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13803 |
Actions (login required)
View Item |