Sudiarta, I Gede (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG GURU PRODUKTIF BERSERTIFIKAT INDUSTRI PADA SMK PUSAT KEUNGGULAN DI KOTA DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031002-COVER)
2129031002-Cover.pdf Download (817kB) |
|
Text (2129031002-ABSTRAK)
2129031002-Abstrak.pdf Download (208kB) |
|
Text (2129031002-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031002-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (515kB) |
|
Text (2129031002-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031002-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (889kB) | Request a copy |
|
Text (2129031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031002-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (2129031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031002-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) | Request a copy |
|
Text (129031002-BAB 5 PENUTUP)
2129031002-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (2129031002-DAFTAR PUSTAKA)
2129031002-Daftar Pustaka.pdf Download (330kB) |
|
Text (2129031002-LAMPIRAN)
2129031002-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri pada SMK Pusat Keunggulan di Kota Denpasar dilihat dari variabel, yaitu: konteks, input, proses, produk. Kemudian evaluasi secara bersama-sama yang ditinjau dari konteks, input, proses, dan produk, serta kendala- kendala yang dihadapi dan solusinya terhadap pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri pada SMK Pusat Keunggulan di Kota Denpasar. Variabel konteks meliputi; regulasi pemerintah, visi, misi, tujuan, dan kebutuhan kompetensi SDM. Variabel input terdiri dari; struktur organisasi, kesiapan/kemampuan tenaga kependidikan, kesiapan tim pengembang, pendanaan, fasilitas fisik/sarana fisik, pedoman magang. Variabel proses meliputi; sosialisasi program magang kepada peserta, proses pelaksanaan magang industri bersertifikat industri, kesesuaian jadwal dengan pelaksanaan, kenyamanan dalam pelaksanaan program magang, hambatan-hambatan selama pelaksanaan program, dan monitoring dan evaluating secara komperhensif. Variabel produk meliputi seberapa jauh program tersebut memberikan kualitas layanan yang terbaik bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya. Subjek dalam penelitian ini adalah 56 orang guru produktif yang telah melaksanakan program magang guru bersertifikat industri yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product). Data dikumpulkan dengan kuisioner, dokumentasi, dan wawancara dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan mengubah skor mentah kedalam skor Z (z-skor) dilanjutkan ke arah skor T kemudian di konversikan ke dalam kuadran Glickman. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri dari konteks diperoleh hasil efektif (+), efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri ditinjau dari input diperoleh hasil efektif (+), efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri ditinjau dari proses diperoleh hasil kurang efektif (-), efektifitas pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri ditinjau dari produk diperoleh hasil efektif (+). Secara keseluruhan evaluasi variabel context, input, process, dan product pada pelaksanaan program magang guru produktif bersertifikat industri pada SMK pusat keunggulan di kota denpasar tergolong efektif (+ + - +).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Magang Guru Produktif, CIPP |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | I Gede Sudiarta |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 03:38 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 03:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13814 |
Actions (login required)
View Item |