Kholifah, Winda Nur (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813011056-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813011056-ABSTRAK.pdf Download (59kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813011056-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran game edukasi berbasis scratch yang memiliki karakteristik pada pembelajaran operasi bilangan bulat untuk siswa SD kelas VI. Mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran berbasis scratch pada materi operasi bilangan bulat yang dikembangkan untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pada proses pengembangannya menerapkan 4 langkah-langkah pada model 4D, yaitu tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki 1 game edukasi setiap pertemuannya, pertemuan 1 yaitu mengenal bilangan bulat dengan permainan mengurutkan bintang sesuai dengan garis bilangan. Pertemuan 2 yaitu operasi penjumlahan bilangan bulat dengan permainan menjawab kuis dengan bantuan garis bilangan dan katak sebagai objek penanda. pertemuan 3 yaitu operasi pengurangan bilangan bulat dengan permainan menjawab kuis dengan bantuan garis bilangan dan katak sebagai objek penanda. Dari uji ahli didapatkan bahwa validitas diperoleh dari angket penilaian oleh ahli perangkat pembelajaran serta ahli materi. Kepraktisan diperoleh dari angket respon peserta didik dan angket respon guru. Efektivitas diperoleh dari angket untuk mengukur minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media. Uji ahli yang telah dilakukan diperoleh hasil secara berturut-turut yaitu 4,32 dengan kriteria validitas sangat layak, 85,8% dengan kriteria kepraktisan sangat praktis dan memenuhi kriteria keefektifan, karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan. Angket minat belajar siswa sebelum Tindakan diperoleh 50,70% dengan kriteria cukup dan angket minat belajar siswa setelah 86,79% dengan kriteria sangat tinggi. Dapat disimpulkan minat belajar siswa mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Bilangan Bulat, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Winda Nur Kholifah |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:52 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13872 |
Actions (login required)
View Item |