STUDENT PERCEPTIONS ON PROBLEM BASED LEARNING (PBL) IN LEARNING TO SPEAK ENGLISH OF TENTH-GRADE AT SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI

Br Sihotang, Rosanti (2023) STUDENT PERCEPTIONS ON PROBLEM BASED LEARNING (PBL) IN LEARNING TO SPEAK ENGLISH OF TENTH-GRADE AT SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812021138-COVER.pdf

Download (788kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812021138-ABSTRAK.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812021138- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812021138-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812021138- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1812021138- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812021138-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812021138- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812021138- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa kelas X dalam pembelajaran Problem Based Learning pada kelas berbahasa Inggris di SMS Privat Kristen GBKP Berastagi. Hampir semua siswa pandai berbicara bahasa Inggris di sekolah. Guru bahasa Inggris di sekolah kelas sepuluh ini menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian campuran kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hampir seluruh siswa kelas sepuluh IPA-1 SMA GBKP Berastagi memiliki persepsi yang cukup puas terhadap metode pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas lisan. (2) Metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk berbicara bahasa Inggris baik dengan mempresentasikan maupun berdiskusi dengan teman. (3) Beberapa siswa introvert memiliki sedikit masalah dalam metode berbasis masalah tetapi dapat disiasati oleh guru sesekali memberikan masalah untuk diselesaikan secara pribadi. (4) Guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas sepuluh IPA-1 SMA Swasta GBKP Berastagi juga merasakan peningkatan keinginan siswa untuk belajar bahasa Inggris di setiap pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Problem-Based Learning, berbicara bahasa inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Rosanti Br Sihotang
Date Deposited: 18 Feb 2023 09:53
Last Modified: 18 Feb 2023 09:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14107

Actions (login required)

View Item View Item